RSS

Angie Buron Interpol

Angie Sanclemente Valencia

Angie Sanclemente Valencia. Sumber Foto: nypost.com

Enam Tahun dan Delapan Bulan Penjara untuk Angie

“Narcomodelo” bukan sebuah nama asli. Sebutan atau nama itu digunakan model Angie Sanclemente Valencia (32 tahun) untuk menyamarkan namanya. Sungguh nyata perbedaan antara “narcomodelo” dan Angie Sanclemente Valencia. Angie Sanclemente Valencia juga dikenal dengan nama Angie Sanselmente Valencia lahir tanggal 25 Mei 1979. Ia berasal dari Kolombia dan memenangi kontes kecantikan Reinado Nacional del Café pada tahun 2000. Sebenarnya melalui gelar tersebut, dia akan mewakili negaranya dalam kompetisi International Queen of Coffee atau Reinado Internacional del Café (Ratu Kopi Internasional). Namun, gelar tersebut dicabut karena diketahui dia telah menikah. Sementara, syarat untuk peserta mengharuskan belum dia menikah. Gelar tersebut kemudian diberikan kepada Ximena Andrea García Buitrago.

Kontes kecantikan Reinado Internacional del Café (International Queen of Coffee atau Ratu Kopi Internasional) diselenggarakan secara internasional sebagai lanjutan ajang kecantikan Reinado Kontinental del Café (Continental Queen of Coffee atau Ratu Kopi Kontinental) pada tahun 1957. Nama tersebut kemudian diubah pada tahun 1972 hingga sekarang untuk menjaring peserta dari Amerika dan benua lain. Ajang kecantikan selalu diadakan di Kota Manizales (Kolombia) setiap bulan Januari di Feria de Manizales. Setiap tahun, kontes diselenggarakan di Instituto de Cultura y Turismo de Manizales. Lebih dari 20 peserta turut ambil bagian dalam kontes setiap tahunnya. Pemenang Reinado Internacional del Café tahun 2012 adalah Ximena Vargas dari Bolivia. Wakil dari Indonesia, Laskary Andaly Metal Biticaca (dikenal Laskary Metal) asal Soroako (Sulawesi Selatan) yang menyandang gelar Putri Kopi Indonesia 2011 meraih gelar runner-up I dan Penghargaan Khusus untuk Tata Rambut Terbaik di ajang tersebut. Raihan gelar ini adalah yang terbaik diraih wakil Indonesia dalam berbagai kontes di level internasional.

Pengejaran terhadap Angie Sanclemente Valencia karena diyakini untuk menyaingi “usaha” mantan pacarnya yang tidak lain sebagai pengedar narkotika asal Meksiko dan dikenal sebagai “The Monster” (Sang Raksasa). Setelah putus dengan sang pacar, Angie membentuk kartel tersendiri. Angie diduga merekrut sejumlah model cantik lainnya. Sang pengedar narkoba menyamar sebagai “unsuspicious, beautiful angels” (pencuriga, malaikat yang indah) dengan imbalan setiap anggota mendapatkan imbalan sekitar $ 5.000 (£ 3,200) untuk satu kali perjalanan membawa kokain dari Argentina ke Inggris melalui Cancún.

Dugaan keterlibatan Angie ketika pada tanggal 13 Desember 2009, model lain bernama María López Noel Iglesias yang berusia 21 tahun ditangkap ketika akan naik pesawat dari Argentina menuju Cancún (Meksiko) dengan membawa sebuah koper berisi sekitar 55 kg (121 pon) kokain di Bandara Internasional Ezeiza (Buenos Aires, Argentina). Tas yang dibawa Miss “ML” dicurigai. Angie memberitakan, tidak ada satu bandara pun yang akan menghentikannya. Sebuah investigasi disusun untuk menemukan karyawan bandara dengan berbagai jaringan yang memungkinkan sebagai sindikat. Setelah menginterogasi Miss “ML”, surat penahanan tambahan dibuat. Surat perintah penangkapan terhadap Angie juga dikeluarkan. Pihak berwenang meyakini bahwa Angie masih berada di Argentina setelah dia melarikan diri dari sebuah hotel yang ditinggali dengan anjing turunan Pomeranian asal Jerman. Penyidik yang berusaha melacak alamat melalui daftar binatang peliharaannya hanya menemukan sebuah gudang kosong. Pada Maret 2010, Interpol (International Criminal Police Organization) mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadapnya.

Pada tanggal 26 Mei 2010, Angie ditangkap kepolisian di Buenos Aires (Argentina) ketika sedang berada di asrama setempat. Polisi melaporkan bahwa dia masuk dalam daftar dengan nama samaran dan mencoba mengubah penampilannya dengan warna rambut pirang. Ia telah diburu selama sekitar lima bulan sebelumnya. Pada tanggal 27 Mei 2010, Angie dihukum penjara “Centro Federal de Detención de Mujeres Unidad número 31” di Kota Ezeiza (Provinsi Buenos Aires, Argentina). Setelah mengalami beberapa kekerasan, pada bulan Oktober 2010, penahanannya dipindahkan ke “Instituto Correccional de Mujeres Unidad número 3” yang masih berada di Kota Ezeiza.

Tom Phillips melaporkan dari Brasil dan artikelnya dipublikasikan melalui situs guardian.co.uk pada Kamis, 3 November 2011 dengan judul “Colombian beauty queen jailed for role in drug smuggling racket” (Ratu Kecantikan Kolombia Dipenjara karena Perannya dalam Sindikat Penyelundupan Narkoba). Koran Media Indonesia medio Jumat, 4 November 2011 menulis pada kolom kecil di bawah judul “Ratu Narkoba Kolombia Divonis“. Tom Phillips menulis, “Angie Sanclemente Valencia, nicknamed narcomodelo, sentenced to six years and eight months in prison in Argentina” (Angie Sanclemente Valencia yang dijuluki narcomodelo dihukum enam tahun dan delapan bulan penjara di Argentina) di bawah judul artikelnya. Praktis, sejak itu karier model yang dijalani Angie pun kandas. Angie dinyatakan bersalah terlibat sindikat narkotika internasional.

Angie membantah semua tuduhan. Ia menegaskan, kedatangannya ke Argentina untuk menikah dengan sang pacar, Nicolas Gualco yang kemudian diketahui sebagai anggota sindikat narkotika. Dilaporkan bahwa selama sekitar delapan tahun berada di Meksiko sebelum akhirnya pindah ke Buenos Aires bersama sang pacar. Angie mengatakan kesalahan yang dilakukannya adalah jatuh cinta kepada Gualco. Pada Rabu, 2 November 2011, Gualco dan Daniel Monroy (pamannya) juga dipenjara selama enam tahun delapan bulan penjara karena peran mereka dalam sindikat kokain. Semua pembelaaan yang diungkapkan tidak cukup untuk menghindarkannya dari jeratan hukum. Pengadilan meyakini bahwa Angie telah membantu kekasihnya untuk merekrut wanita-wanita cantik untuk menyelundupkan narkotika dari Amerika Selatan ke Eropa.

Situs nypost.com (New York Post) pada Jum’at, tanggal 21 Januari 2012 hingga pukul 01.17 AM tetap memuat foto dengan tulisan berjudul “Cocaine Beauty Queen: Angie Sanclemente Valencia” (Ratu Kecantikan Kokain: Angie Sanclemente Valencia). Tulisan singkat berbunyi, “Wanted: A Colombian woman with long hair, thick lips and honey-colored eyes, 30 years old, with surgically enhanced breasts and a redone nose.” (Kurang lebih artinya, Dicari: Seorang wanita Kolombia dengan rambut panjang, bibir tebal dan mata berwarna madu, 30 tahun, dengan mengubah bentuk payudara dan hidung). With this information, police in Argentina are looking for Angie Jeaneth Sanclemente Valencia, a dethroned Colombian beauty queen and lingerie model who, according to authorities, led a band of beautiful women who transported cocaine from Buenos Aires into several European countries (Diinformasikan bahwa kepolisian Argentina sedang mencari Angie Jeaneth Sanclemente Valencia, seorang ratu kecantikan dan model pakaian yang dicopot gelarnya di Kolombia, menurut pihak berwenang, dia sebagai pemimpin sekelompok wanita cantik yang dirayu untuk peredaran kokain dari Buenos Aires ke beberapa negara Eropa). (wkd/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: