RSS

Miss Indonesia 2012

Ines Putri

Ines Putri ketika menjawab pertanyaan seorang juri yang didampingi oleh Ferdy Hasan dan Amanda Zevannya.
Sumber Foto: missindonesia.co.id

Miss Bali Pertama Raih Gelar Miss Indonesia
Malam puncak perhelatan Miss Indonesia 2012 pada Sabtu dini hari, 28 April 2012 di Hall D JIEXPO (Kemayoran, Jakarta Pusat) meneguhkan Ines Putri Tjiptadi Chandra (22 tahun) dari Provinsi Bali sebagai pemegang gelar. Malam puncak Miss Indonesia 2012 mengambil tema “The Beauty Of Archipelago” tersebut disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional, RCTI (Rajawali Citra Televisi) dari pukul 20.00-23.45 WIB dan dipandu oleh Ferdy Hasan (presenter) dan Amanda Zevannya (Runner-up 1 Miss Indonesia 2011) sebagai host. Bertindak sebagai Project Direktor adalah Kanti Mirdiatai. Selain Miss Indonesia 2011, Astrid Ellena (lengkapya, Astrid Ellena Indriana Yunadi, 22 tahun), hadir Ivian Sarcos (lengkapnya, Ivian Lunasol Sarcos Colmenares, 22 tahun), Miss World 2011 asal Venezuela.

Ines menyisihkan 32 peserta lain dari 32 provinsi di Indonesia yang proses pencarian bakatnya digelar di sebelas kota besar di Indonesia dari Desember 2011 hingga Februari 2012. Para peserta menjalani proses karantina selama 13 hari (17 April 2012-29 April 2012). Selama masa karantina, para finalis mendapatkan serangkaian pembekalan dari para pakar di bidang psikologi, sosial, kecantikan, public speaking dan modelling. Bahkan, Kementerian Pemberdaayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara langsung turut memberikan kontribusi mereka kepada seluruh finalis. Sebagai pemenang, Ines Putri akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss World 2012 yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus di Kota Ordos (China).

Penobatan Miss Indonesia 2012 dilakukan oleh Miss Indonesia 2011, Astrid Ellena didampingi Miss World 2011 asal Venezuela, Ivian Sarcos. Sebelum diumumkan sebagai pemenang, Ines beradu jawaban yang diajukan oleh Liliana Tanoesoedibjo (Chairwoman of Miss Indonesia Organization, Ketua Dewan Juri) yang menanyakana, “Apakah potensi lain yang dapat diberikan selain cantik, menarik, dan berwawasan luas?” Ines harus berkompetisi dengan dua calon lain yaitu Ovi Dian Aryani Putri (19 tahun) dari Provinsi Jawa Timur dan Jennifer Sumia (23 tahun) dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Ines yang gemar olahraga dan peraih medali emas dan perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2004 di bidang olahraga golf tersebut memberikan jawaban, “Dengan prestasi bidang olahraga, saya bisa berikan.” Jawaban itu sebagai penghantar pamungkas wanaita kelahiran 5 September 1989 tersebut sebagai juara. Ovi Dian kemudian dinobatkan sebagai Runner-up 1 dan Jennifer Sumia sebagai Runner-up 2.

Raihan prestasi Ines merupakan yang pertama oleh perwakilan Bali. Prestasi terbaik Miss Bali sebelumnya diraih Putu Yunita Oktarini sebagai Runner-up 1 (2006) dan Runner-up 2 pada Miss Indonesia 2007 oleh I Gusti Ayu Agung Ary Kusumawardhani serta tahun 2009 oleh Viviane. Sementara, Ovi Dian yang merupakan wakil dari Provinsi Jawa Timur merupakan peserta keempat yang berhasil masuk sebagai semifinalis 3 besar setelah perwakilan Jawa Timur berhasil meraih juara pada tahun 2008 dan 2011 dan Runner-up 2 pada tahun 2010 oleh Kartika Kusumaningtyas.

Pada babak lima besar, Ines beradu jawaban dari pertanyaan oleh masing-masing juri yang terdiri dari Liliana Tanoesoedibjo, Martha Tilaar, Harry Darsono, Ferry Salim, dan Adam Chesnoff. Jawaban Ines menghantarkan lolos di posisi lima besar dan menyisihkan dua peserta lainnya yaitu Natasha Gabriella (20 tahun) asal Provinsi Maluku Utara dan Adila Wisusena (22 tahun) dari  Provinsi Jawa Barat. Sementara, di babak 15 besar, masing-masing peserta menjawab pertanyaan dari lima besar peserta lain sesuai pilihannyaa. Pada babak ini, Ines dapat menyisihkan sejumlah peserta, yaitu Kanty Widjaja (20 tahun) asal Provinsi Bangka Belitung, Anastasia Praditha Adelina (18 tahun) dari Provinsi Banten, Galuh Adika Alifani (19 tahun) asal Provinsi Bengkulu, Meiling Thomas (23 tahun) asal Provinsi Kalimantan Barat, Riva Tamara Indra (21 tahun) dari Provinsi Kalimantan Timur, Fitrah Islami (18 tahun) dari Provinsi Papua Barat, dan Natahia (21 tahun) dari Provinsi Sulawesi Utara.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pagelaran Miss Indonesia 2012 memperbesar jumlah semifinalis dari 10 menjadi 15 peserta. Empat semifinalis yang diambil melalui kompetisi jalur cepat (fast track) adalah Dea Amelia Irwanto (22 tahun) asal Provinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Patriciaa Gunawan (21 tahun) dari Provinsi Gorontalo, Adila Wisusena (22 tahun) dari Provinsi Jawa Barat, dan Rafika Soraya Azhar (21 tahun) dari Nangroe Aceh Daraussalam. Sebelumnya, peserta dari jalur cepat (fast track) hanya diambil 3 semifinalis. Perhelatan Miss Indonesia 2012 merupakan yang kedua kali untuk perwakilan Provinsi Maluku Utara masuk di posisi lima besar setelah pada gelaran Miss Indonesia 2006 berhasil masuk di urutan enam besar.

Sementara, peserta lainnya yang tidak lolos di babak 15 besar adalah Tarisya Ramantha (20 tahun) asal Provinsi Jambi, Maria Gabriela (21 tahun) dari Provinsi Jawa Tengah, Levina Faby Naomi Christy (18 tahun) dari Provinsi Kalimantan Selatan, Cindy Tabita (21 tahun) asal Provinsi Kalimantan Tengah, Ayu Meivitasari Mulyoningtyas (21 tahun) dari Provinsi Kepulauan Riau, Vany Rizky Ayunda (20 tahun) asal Provinsi Lampung, Inggrid Elizabeth (17 tahun) dari Provinsi Maluku, Devi Oktavaiani (19 tahun) dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dona Maria Rosalia Da Silva (23 tahun) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dina Michelle Parwestri (20 tahun) asal Provinsi Papua, Diana Kristiana Lesmana (23 tahun) asal Provinsi Riau, Vanni Adriani Puspanegara (18 tahun) dari Provinsi Sulawesi Barat, Nur Fitriyani Faridin (20 tahun) asal Provinsi Sulawesi Selatan, Tasya Eunike Watania (18 tahun) dari Provinsi Sulawesi Tengah, Sujayanti Pirono (20 tahun) dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Santry Hendrodjanoe (24 tahun) dari Provinsi Sumatera Barat, Stefhanie Michella (21 tahun) dari Provinsi Sumatera Selatan, dan Kastria Soldiana Elizabeth Hutagaol (20 tahun) asal Provinsi Sumatera Utara.
Selain mendapatkan juara, runner-up 1, dan runner-up 2, ajang Miss Indonesia 2012 juga memberikan sejumlah gelar seperti Miss Kulit Cantik diraih Rafika Soraya Azhar (Nangroe Aceh Darussalam), Miss Healthy Patricia Gunawan (Gorontalo), Miss Online Maria Gabriela (Jawa Tengah), Miss Lifesyle Nathania (Sulawesi Utara), Miss Persahabatan Dina Michelle Parwestri (Papua), dan Miss Favorit Meiling Thomas (Kalimantan Barat). Seluruh peserta mendapatkan hadiah berupa asuransi personal accident dari MNC Life dengan total nilai Rp 3,5 miliar untuk masa pertanggungan selama satu tahun.

Malam penobatan Miss Indonesia 2012 juga dimeriahkan oleh sejumlah artis seperti Petra, Pentaboyz, Max 5, dan S9B yang dipadu dengan peragaan busana hasil rancangan para desainer seperti Marga Alam, Hengki Kawilarang, Rudy Liem, Erdan, Elizabeth Wahyu, Yuling (Le Ciel), Yongki Komaladi, dan Rebecca Ing. Kehadiran Miss World 2011 didampingi oleh Chairwoman of Miss World Organization President of Variety, The Children’s Charity, Julia Morley.

Ines Putri

Miss Indonesia 2012, Ines Putri
Sumber Foto: missindonesia.co.id

Ketika pemirsa televisi sedang menyaksikan tayangan langsung malam panganugerahan Miss Indonesia 2012, Hary Tanoesoedibjo menjalin kerjasama dalam bentuk penandatanganan kesepakatan dengan Julia Morley terkait dengan penyelenggaraan Miss World 2013 dan Miss World 2015 di Indonesia. Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Irman Gusman hadir sebagai tamu VIP.

Miss Indonesia 2012, Ines Putri
Ines Putri Tjiptadi Chandra (nama pertama sering dituliskan dengan “Inesh”) lahir di Denpasar (Bali, Indonesia), 5 September 1989. Sebelum terpilih sebagai Miss Indonesia 2012, dia menjadi atlet golf profesional dengan meraih medali emas dan perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2004. Ia juga wanita termuda yang menjuarai Turnamen Golf Gubernur Bali Cup dan pernah masuk dalam tim nasional golf Indonesia. Pencinta bola basket, renang, dan bola voli ini terbiasa disiplin dan pantang menyerah. Menjadi Miss Indonesia 2012 dan membawa nama harum Indonesia di bidang olahraga dan budaya pada ajang Miss World adalah cita-cita peraih beasiswa Universitas Georgia ini.

Setelah dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2012, wanita pemilik tinggi 1,67 meter (5 ft 5 1⁄2 in) ini akan mewakili Indonesia di ajang ke-62 Miss World 2012 di Dongsheng Fitness Center Stadium (Ordos, Inner Mongolia, China) pada tanggal 18 Agustus. Sebagai pemenang, Ines berhak mendapatkan penghargaan berupa sebuah kendaraan roda empat (mobil), tanggungan asuransi sebesar Rp 1 miliar, dan beasiswa di London School bernilai puluhan juta rupiah. (Epaphroditus Ph. Mariman)

 

One response to “Miss Indonesia 2012

  1. Pdt. Rolly Rorong, S.Th

    29 April 2012 at 13:55

    Syalom Yuri sangat bijaksana dan ada tujuan juga untuk dunia supaya Bali semakin di kenal.Tentu sebuah anugrah dari Tuhan.Karena Tuhan lebih tau kedalam hati seseorang,walaupun banyak yang lebih cantik dan pinter,tapi berkat bagi dia yang rendah hati dan tulus dan mau bekerja.Sebagaimana ketika nabi Samuel datang di rumah Isai untuk mencari seorang raja israel,dia dapati seseorang gaga perkasa,tapi Tuhan menegur dia apa yang dilihat diluar tidak sama dgn di dalam.Karena itu Daud yg rajin di ladanglah yg menjadi raja.amin

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: