RSS

Miss Universe 2012

Olivia Culpo

Miss Olivia Culpo. Foto: Facebook

Gelar Pertama Olivia Culpo Bagi Rhode Island

Puncak keberuntungan Olivia Culpo terus menanjak setelah memenangi gelaran kontes kecantikan Miss Rhode Island USA 2012 yang diselenggarakan pada 18 September 2011 di Cranston (Rhode Island). Itulah kontes pertama kali yang diikutinya. Kemenangan tersebut menghantarkan dirinya mengikuti gelaran serupa pada level yang lebih tinggi, yaitu Miss USA 2012 ke-61 yang diselenggarakan pada 3 Juni 2012 di Teater Seni Pertunjukan (Theatre for the Performing Arts, Las Vegas, Nevada). Raihan gelar tersebut merupakan pertama kali perwakilan dari Rhode Island. Penyematan mahkota dilakukan oleh Miss USA 2011, Alyssa Campanella asal California.

Beauty is found in the way you treat others (Kecantikan ditemukan dengan bagaimana cara Anda memberlakukan orang lain). Kalimat itu tertulis dengan huruf tebal di situs missuniverse.com setelah Olivia Culpo memenangi kontes kecantikan Miss USA 2012. Dalam situs tersebut juga ditampilkan rekaman youtube perjalanan untuk meraih gelar (Road to the Crown) dan wawancara serta tiga hal penting yang menyenangkan, yaitu menyukai simfoni Gustav Mahler, menyukai adegan Audrey Hepburn untuk film favoritnya sebagai “Funny Face”, dan dapat mengikat batang ceri dengan lidahnya.

Kontes tersebut diikuti perwakilan 50 negara bagian di Amerika Serikat dan disiarkan langsung jaringan televisi komersial, NBC (the National Broadcasting Company). Pada babak penyisihan, secara penuh ditampilkan langsung melalui Xbox Live di YouTube dan aplikasi MSN. Untuk pertama kalinya, pertanyaan diambil dari pengguna Twitter untuk diajukan menjadi salah satu pertanyaan dari lima finalis terakhir. Pertanyaan dimaksud adalah “Would you feel it would be fair that a transgender woman wins the Miss USA title over a natural-born woman?” (Apakah Anda rasa adil jika seorang wanita transgender memenangkan gelar Miss USA selama kelahiran itu alami sebagai wanita?”). Dengan tangkas, Olivia menjawab pertanyaan itu dan menghantarkannya sebagai pemenang.

Pada babak lima besar, Olivia harus berkompetisi dengan Nana Meriwether (Miss Maryland kelahiran Afrika Selatan), Audrey Bolte (Miss Ohio), Jade Kelsall (Miss Nevada), dan Jasmyn “Jazz” Wilkins (Miss Georgia). Keempat kontestan kemudian meraih gelar Runner-up I, II, III, dan IV. Untuk posisi 10 besar diraih wakil dari Alabama (Katherine Webb), Colorado (Marybel Gonzalez), New Jersey (Michelle Leonardo), Oklahoma (Lauren Lundeen), dan Texas (Brittany Booker). Sedang, peserta yang berhasil masuk babak 16 besar adalah Erin Edmiston (Louisiana), Rani Williamson (Maine), Kristen Danyal (Michigan), Erika Powell (South Carolina), dan Jessica Hibler (Tennessee) serta Kelsey Dow asal Arkansas yang terpilih melalui polling SMS (Short Message Service).

Sementara, penghargaan khusus diberikan kepada Rebecca Hodge (Iowa) sebagai Miss Congeniality dan Alaina Bergsma dari Oregon sebagai Miss Photogenic. Dalam kontes tersebut, Sheena Monnin (Miss Pennsylvania) mengundurkan diri pada Senin, 5 Juni 2012 atau sehari sebelum acara itu ditayangkan televisi. Monnin menuduh kompetisi kecantikan telah dicurangi dan menyebut sebagai ajang sampah dan penuh penipuan. Mengenai hal ini, sebagai pengelola Organisasi Miss Universe, Donald Trump membantah secara keras.

Kemudian, Miss Curpo mewakili Amerika Serikat dan memenangi ajang Miss Universe ke-61 yang diselenggarakan pada 19 Desember 2012 di Planet Hollywood Resort & Casino (Las Vegas, Nevada). Gelar tersebut merupakan yang ke-8 perwakilan Amerika Serikat meraih gelar sejak terakhir kali diraih Brook Lee (lahir, Brook Antoinette Mahealani Lee) asal Hawaii pada tahun 1997. Ia berhasil meraih gelar tersebut yang sebelumnya dipegang oleh Leila Lopes (lengkapnya, Leila Luliana da Costa Vieira Lopes) asal Angola.

Olivia Culpo

Miss Olivia Culpo. Foto: Facebook

Olivia Culpo lahir di Rhode Island pada 8 Mei 1992. Ia dibesarkan di Edgewood (Cranston, Rhode Island) dan merupakan putri dari Susan (née Curran) dan Peter Culpo. Dia menjadi anak tengah (ke-3) dari lima bersaudara. Ayahnya, Peter adalah keturunan Italia. Sedang, ibunya asal Irlandia keturunan Italia.

Pada 2010, Culpo lulus dari St Mary Academy–Bay View dengan raihan prestasi tinggi dan anggota National Honor Society. Di Sekolah Menengah Atas (SMA), dia menyukai bahasa dan ambil bagian dalam dua program bahasa asing di Milano (Italia). Dia melanjutkan pendidikan sebagai seorang mahasiswi di Boston University dan telah ditempatkan pada daftar dekan setiap semester.

Kedua orangtuanya memiliki karir sebagai musisi profesional. Sementara, Culpo telah mulai belajar cello ketika masih duduk di bangku kelas dua. Dia turut berpartisipasi memainkan cello dalam Rhode Island Philharmonic Youth Orchestra, RI Philharmonic Chamber Ensemble, Bay View Orchestra, Rhode Island All-State Orchestra, dan Boston Youth Symphony. Culpo juga berlatih olah vokal. Sebagai pemain cello, Culpo pernah tampil di Boston Symphony Hall, Carnegie Hall di New York dan tur ke Inggris pada tahun 2010. Dia juga tampil di Brevard Music Center di North Carolina pada dua musim panas dan tampil di Boston Accompanietta.

Pada awal tahun 2013, muncul gambar dan berita secara online yang menunjukkan bahwa Culpo sedang pesta minuman keras. Hal ini menimbulkan kontroversi mengingat bahwa usianya belum genap 21 tahun dan telah berbicara mengenai dampak minuman keras bagi kalangan wanita muda di mana pun berada. (wkd/Epaphroditus Ph M)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: