RSS

Miss World 2011

Ivian Sarcos

Ivian Sarcos. Foto Resmi Miss World

Gelar Miss World 2011 untuk Si Yatim Piatu Venezuela

Ivian Lunasol Sarcos Colmenares atau Ivian Sarcos memenangi kontes kecantikan ke-60 Miss World 2011 yang digelar di Earls Court Exhibition Centre (London, Inggris) pada tanggal 6 November 2011. Kemenangan ini makin mengukuhkan Venezuela sebagai negara terbanyak peraih gelar kontes kecantikan yang digelar sejak tahun 1951 tersebut. Kelima gelar sebelumnya diraih Carmen Susana Duijm Zubillaga (1955), Carmen Josefina León Crespo atau dikenal Pilín León (1981), Astrid Carolina Herrera Irrazábal (1984), Ninibeth Beatriz Leal Jiménez atau dikenal Ninibeth Leal (1991), dan Jacqueline María Aguilera Marcano atau dikenal Jacqueline Aguilera (1995).

Ivian Sarcos di Guanare (Portuguesa, Venezuela) pada tanggal 26 Juli 1989. Ia tercatat sebagai mahasiswi Diploma dengan tinggi 1,80 m (5’11”).  Ia memiliki 12 saudara kandung. Setelah kedua orangtuanya meninggal, praktis dia telah menjadi yatim piatu sejak berusia 8 tahun. Sarcos diangkat dan dibesarkan oleh biarawati di sebuah biara di Cojedes yang dimaksudkan agar kelak menjadi biarawati. Dia menghabiskan lima tahun di panti asuhan yang dikelola biarawati tersebut. Hasratnya menjadi seorang biarawati muncul karena faktor tempat ia bertumbuh. Namun, ia harapan itu akhirnya dibiarkan begitu saja karena menyadari bahwa penampilannya akan memberikannya kesempatan untuk menjadi terkenal.

Sarcos yang fasih berbahasa Spanyol pun memulai karier sebagai model. Pada 28 Oktober 2010, dia berhasil menyabet gelar Miss World Venezuela 2010 ke-58 yang diselenggarakan di Palacio de Eventos de Venezuela (Maracaibo, Zulia, Venezuela). Pemenang kontes kecantikan ke-58 Miss Venezuela 2010 tersebut adalah Vanessa Gonçalves dari negara bagian Miranda. Kontes tersebut disiarkan langsung di Venevision dari Palacio de Eventos. Pada akhir malam final,  Miss Marelisa Gibson menobatkan Gonçalves sebagai Miss Venezuela yang baru.

Berbekal kemenangan itu, ia maju dalam kompetisi Miss World di London. Ia bersaing dengan 120 kontestan perempuan cantik dari seluruh dunia dan dinobatkan menjadi Miss World 2011 yang disiarkan langsung televisi di lebih 150 negara di dunia. Sarcos memiliki gelar sarjana dalam bidang sumber daya manusia dan bekerja untuk sebuah perusahaan penyiaran. Kecintaannya terhadap anak-anak membuatnya berambisi mempromosikan dan bekerja untuk anak-anak.

Ivian Sarcos (tengah)

Ivian Sarcos (tengah). Foto Resmi Miss World

“Saya merasa wanita paling cantik di dunia. Saya sangat bahagia dan ingin berteriak, menangis, tapi masih berdiri dan tersenyum. Banyak emosi berkecamuk. Saya sangat senang saat ini, untuk kesempatan dan kemenangan ini, saya mensyukuri hidup saya,” katanya usai menerima mahkota dari Miss World 2010 Alexandria Mills asal Amerika Serikat. Tentang masa lalunya, dia berujar, “Kondisi itu mengajarkan kehidupan, meskipun mungkin buruk tidak harus berakhir buruk. Walaupun tidak memiliki orangtua, kondisi itu justru membuat saya lebih kuat.”

“Kemenangan ini sangat berarti. Saya berharap bisa mengambil hikmah dari kemenangan ini dengan cara yang produktif,” katanya seperti dikutip situs mediaindonesia.com pada Senin, 7 November 2011 dan situs suarapembaruan.com edisi Selasa, 8 November 2011. “Saya ingin membantu orang-orang yang membutuhkan seperti saya yang seorang yatim piatu. Saya juga ingin menolong orang jompo dan remaja bermasalah. Membantu sebanyak mungkin yang saya mampu,” tandasnya. (wkd/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: