RSS

Penasehat

Dr. Erwin Arellano Pohe, MBA (lahir 21 Januari 1940 di Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia) adalah politisi, pengamat sosial dan politik, dan direktur. Sebagai putra Minahasa di kaki Gunung Lokon, dia merantau dari tanah kelahirannya untuk menggapai ilmu di Pulau Jawa khususnya di Malang (Jawa Timur), Bandung (Jawa Barat), dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Ia pun kemudian lulus dengan gelar Drs. Ia belajar di Fakultas Ekonomi/Fakultas Administrasi Ketata-Niagaan (1967). menempuh pendidikan di Lemhanas-Tarpadnas (1998), dia juga menyelesaikan S-2 (1996) dan S-3.

Erwin sudah menggeluti berbagai dunia bisnis seperti peternakan, perbankan, otomotif, kontraktor, supllier, dan pertambangan. Ia juga memimpin berbagai macam perusahaan. Selain juga gemar berorganisasi dan terlibat dalam berbagai organisasi sosial, olah raga, maupun politik.

Pada tahun 1973, dia menjabat Ketua Umum PBI DKI untuk cabang Bolling dan Wakil Bendahara Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP-HIMPI) dan menjabat Ketua BPK KONI DKI (1987). Ia berkecimpung di dunia usaha/bisnis semenjak tahun 1982. Ia pernah menjabat Wakil Ketua Kompartemen Moneter Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jaya, Ketua KADIN Tingkat II Jakarta Barat, Wakil Umum KADIN Jaya (1985), Ketua BPK KONI DKI (1987), Wakil Ketua Kompartemen PPI KADIN Indonesia (1988), Wakil Ketua Bidang Pertandingan PBI Pusat (1992), Ketua Umum PB Mega Pluit (1997-2002), Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) DKI (1997-2001), Wakil Ketua Umum DPP Perpani (1998-2002), dan Wakil Ketua Bidang Dana Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI (1998-2002).

Sejak tahun 1989, Erwin mulai melakukan banyak kegiatan kerohanian Kristiani sebagai wujud kasih terhadap sesama dan kepada Tuhan. Dalam kegiatan lainnya, baik dalam bisnis dan politik, ia tidak pernah meninggalkan jati dirinya sebagai hamba Tuhan bagaimana pun keadaannya.

Hingga saat ini, Erwin bermukim di Jakarta dengan istri tercinta, dr Tresiaty Pohe. Ia dikarunia 3 anak perempuan dan 2 anak laki-laki serta cucu-cucu.

Pada 1998, dia mendirikan Yayasan Gerbang Aksa (Generasi Batu Karang Anak Kasih Bangsa) untuk membantu rehabilitasi anak-anak muda yang kecanduan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Ia juga pernah memimpin Majalah Kontak Bisnis KADIN Jaya dan menjabat Wakil Ketua Kelompok Usaha Kecil Menengah Indonesia (KUKMI) Jakarta. Selain menjabat Direktur Utama PT Reser Manunggal Jaya, Erwin Pohe juga menjabat Presiden Direktur Lasik & Anti Aging dr Tres Pohe, ESTETIKA Beauty Clinic, CSA’ dr Tres Pohe Skin Care Products, dan GLOBAL MIDAS Tour & Travel.

Di bidang politik, dia pernah menjabat Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Kasih Bangsa (DPP-PDKB) pada periode 1998-2004. Periode 2004-2009, ia menjabat Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Kebangsaan Bersatu (PDKB: National United Democtaric Party). Erwin Pohe juga seorang calon anggota (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada pemilihan umum legislatif 9 April 2009 dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) untuk daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Utara.

Hingga kini, semangat Minahasa itu masih terasa kental dalam kehidupannya. Prinsip “Si Tou Timou Tumou Tou” diterapkan mulai dari diri sendiri dan keluarga. Dia merindukan supaya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang memanusiakan manusia. (Epaphroditus Ph. M)
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: