RSS

PM Mongolia

“Entrepreneur” Pimpin Pemerintahan Mongolia

Sükhbaataryn Batbold dikabarkan sebagai salah seorang terkaya di Mongolia. Sebagai pengusaha (entrepreneur), dia memiliki beberapa perusahaan, termasuk Altai Holdings LLC dan Altai Trading LLC. Batbold belajar di sekolah tinggi-14 Ulaan Baatar. Kemudian, ia belajar di Hubungan Internasional Institut Negeri Moskow (Moscow State Institute of International Relations), Rusia (1980-1986). Dia juga belajar di London Business School pada tahun 1991 dan Akademi Diplomatik Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow pada tahun 2002.

Batbold pernah meraih jabatan eksekutif di Mongol Impex Koperasi. Dia juga mengepalai Altai Trading Co Ltd, yang antara lain memiliki Chinggis Khaan Hotel dan operator selular Skytel (1992-2000). Perusahaan ini kemudian dipimpin istrinya. Dia sekali bercerai dan memiliki 5 anak dengan istri keduanya.

Partai Revolusioner Rakyat Mongolia (MPRP: Mongolian People’s Revolutionary Party), partai yang berkuasa dipulihkan nama aslinya dari Partai Rakyat Mongolia (MPP: Mongolian People’s Party) tepat sebelum pemilihan pemimpin partai. Selain dirinya, dua kandidat yang dicalonkan sebagai pimpinan partai adalah Speaker Demberel dan MP Enkhtuvshin. Pemungutan suara berlanjut sampai pukul 04:30 waktu setempat dengan suara mayoritas 85% (675 dari 788 suara pemilih) dan keunggulan suara memihak kepadanya. Dia terpilih sebagai Ketua Partai Rakyat Mongolia sejak 18 Juni 2009. MPP juga mengubah ideologi menjadi “jalan ketiga”, yang memungkinkan keterlibatan negara secara aktif dalam mendistribusikan kekayaan bangsa melalui kemitraan publik dan swasta.

Batbold terpilih dua kali sebagai Anggota Parlemen dan Deputi Menteri Luar Negeri (2000-2004) serta Menteri Kabinet Perdagangan dan Industri (2004-2006). Dia juga menjabat Menteri Luar Negeri (2008-2009). Selama masa jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri, dia memandu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Ban Ki-moon di Ulan Bator untuk membahas perubahan iklim di Mongolia. Batbold menggantikan Sanjaagiin Bayar (Perdana Menteri Mongolia periode 22 November 2007 – 29 Oktober 2009) pada pertemuan Perdana Menteri di Organisasi Kerjasama Shanghai. Praktis, dia menjabat Perdana Menteri Mongolia sejak 29 Oktober 2009. (wkd/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: