RSS

PM Serbia

“Anda dapat menaikkan gaji karyawan di Kosovo jika Anda memberikan bagian dari gaji Anda,” kata ekonom Serbia, Mirko Cvetković suatu ketika. Setelah meraih jabatan perdana menteri pada tahun 2008, dia kembali memegang kendali di kementerian keuangan sejak 14 Maret 2011.

Mirko Cvetković lahir di kota kecil Zaječar di timur Serbia pada tanggal 16 Agustus 1950. Ayahnya, Srboljub adalah ekonom. Ibunya, Stana  bekerja sebagai apoteker. Kakeknya, Mirko adalah guru sekolah yang tewas pada tahun 1941 oleh tentara Jerman selama Pembantaian Kragujevac. Dia menyelesaikan pendidikan sekolah dasar dan tinggi di Zajecar. Mirko Cvetkovic lulus dari Universitas Belgrade di Fakultas Ekonomi dan mendapatkan gelar MComm dan PhD.

Selama sekitar sepuluh tahun, dia bekerja di Institut Pertambangan dan di Institut Ekonomi selama sekitar enam tahun serta tujuh tahun sebagai penasehat perusahaan riset. Ia juga bekerja sebagai konsultan di CES Mecon. Pada 1980-an, ia menjadi konsultan eksternal di Bank Dunia untuk sejumlah proyek di Pakistan, India dan Turki serta bekerja pada Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNDP: United Nations Development Programme) di Somalia. Selama periode 1998-2001, ia bekerja sebagai penasihat untuk isu-isu ekonomi di Institut Pertambangan. Pada tahun 2005, ia menjadi Penasihat Khusus CEO Intercom Consulting.
Setelah menggulingkan Slobodan Milosevic, dari Januari 2001, Cvetkovic bekerja sebagai Wakil Menteri Ekonomi dan Privatisasi di Pemerintah Serbia pada Zoran Djindjić. Selama periode 2003-2004, dia menjabat Direktur Badan Privatisasi. Setelah jatuhnya pemerintahan Zoran Živković pada pemilu 2003, Cvetkovic mundur dari politik. Cvetkovic menjabat Menteri Keuangan selama periode 15 Mei 2007-7 Juli 2008 dalam Pemerintahan koalisi Vojislav Koštunica.

Pada tanggal 27 Juni 2008, Presiden Boris Tadic menunjuknya sebagai Perdana Menteri setelah pemilu parlemen yang diselenggarakan 11 Mei 2008. Ketika itu, calon lain yang sempat disebut adalah Menteri Luar Negeri, Vuk Jeremić dan Presiden Dewan Eksekutif, Vojvodina Bojan Pajtić. Pemilihannya menjadikan dia sebagai perdana menteri pertama Serbia sejak sistem multi-partai diperkenalkan. Secara resmi, dia dilantik pada 7 Juli 2008 dan mengambil sumpah jabatan di Majelis Nasional Serbia. Dalam pidatonya, Cvetkovic mengatakan bahwa salah satu langkah pertama dari Pemerintahannya akan menyerahkan Stabilisasi dan Asosiasi dengan Perjanjian Uni Eropa ratifikasi parlemen. Bahwa, ia tidak menerima Kosovo secara sepihak untuk mendeklarasikan kemerdekaan.

Ia juga menyatakan bahwa pemerintahannya akan memperkuat ekonomi dan tanggung jawab sosial serta memimpin pertempuran melawan kejahatan dan korupsi serta mendukung keadilan internasional. Dia juga mengatakan, salah satu inisiatif pembuatan peraturan pertama ratifikasi perjanjian energi dengan Federasi Rusia. Cvetkovic dipandang oleh banyak orang sebagai seorang ahli dalam ekonomi, seorang kompromistis yang dihormati oleh Partai Demokrat (Serbia) dan partai politik lainnya. Kantor berita Barat menggambarkan dia sebagai “Demokrat” (menunjukkan dukungan untuk Partai Demokrat yang pro-Barat) dan teknokrat “low profile” yang lebih suka meningkatkan perekonomian Serbia daripada berkonsentrasi pada isu-isu politik yang sulit. Kebijakan politiknya adalah gabungan otoritas dan moderat liberalisme ekonomi yaitu, dukungan dari laissez-faire kebijakan ekonomi. Kabinet Mirko Cvetkovic memegang jabatan terlama sejak jatuhnya Slobodan Milosevic pada tahun 2000. Sejak 14 Maret 2011, dia merangkap jabatan Menteri Keuangan.

Mirko Cvetkovic juga telah menerbitkan sejumlah makalah dan artikel tentang privatisasi di Serbia dan luar negeri. Cvetkovic menikah dan memiliki dua anak. Terlepas dari bahasa Serbia sebagai bahasa ibu, dia juga lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Sebagai hobi, ia memainkan piano, saksofon dan klarinet. (Wik/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: