RSS

PM Trinidad dan Tobago

Wanita Pertama Pemimpin Trinidad dan Tobago

Ketua Oposisi, Kamla Persad-Bissessar meraih jabatan Perdana Menteri Trinidad dan Tobago setelah kemenangan koalisi Kemitraan Rakyat (People’s Partnership) dalam pemilihan umum tanggal 24 Mei 2010. Koalisi lima partai politik dimaksud adalah Serikat Kongres Nasional (United National Congress), Kongres Rakyat (Congress of the People), Organisasi Rakyat Tobago (Tobago Organization of the People), Komite Aksi Nasional Bersama (National Joint Action Committee), dan Gerakan untuk Keadilan Sosial (Movement for Social Justice). Koalisi tersebut dibentuk sebelum pemilihan umum 2010 guna membangun sebuah blok oposisi multi-etnis terhadap pemerintahan Patrick Manning. Koalisi ini memenangkan pemilu dan meraih 29 dari 41 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Trinidad dan Tobago.

Pada 26 Mei 2010, Persad-Bissessar dilantik sebagai Perdana Menteri oleh Presiden George Maxwell Richards. Sementara, Anand Ramlogan disumpah sebagai Senator dan Jaksa Agung. Dengan pemilihan tersebut, dia menjadi Perdana Menteri wanita pertama di Trinidad dan Tobago serta wanita pertama yang menjabat Ketua Persemakmuran. Ia adalah Perdana Menteri Republik Trinidad dan Tobago ketujuh.

Kamla Persad-Bissessar lahir pada 22 April 1952 di Penal (Trinidad dan Tobago). Ia lulus dari Sekolah Tinggi Iere (Iere High School) dan melanjutkan studi di Universitas Hindia Barat (University of the West Indies), Norwood Technical College (Inggris), dan Sekolah Hukum Hugh Wooding (Hugh Wooding Law School). Ia mendapatkan gelar B.A. (Hons), Diploma Pendidikan, B.A. dalam bidang Hukum (Hons) dan Sertifikat Pendidikan Hukum (Legal Education Certificate). Pada tahun 2006, dia memperoleh gelar Master Administrasi Bisnis Eksekutif (EMBA: Executive Masters in Business Administration) dari Sekolah Pascasarjana Bisnis Lok Arthur Jack, Trinidad.

Setelah menyelesaikan studi, Persad-Bissessar memasuki profesi guru. Sambil menyelesaikan pendidikan di Inggris, ia bekerja sebagai pekerja sosial di Church of England Children’s Society, London. Dia mengajar di Sekolah Tinggi St Andrew di Kingston, Jamaika dan di Kampus Mona Jamaika. Kemudian, ia mengajar di kampus St Agustinus di Universitas Hindia Barat di Trinidad. Di College Jamaica of Insurance, ia menjadi Dosen Konsultan. Langkah berikutnya adalah kuliah di lembaga Pendidikan Tinggi. Setelah mengajar selama enam tahun, Persad-Bissessar kemudian menjadi pengacara penuh waktu.

Sejak tahun 1995, Persad-Bissessar telah menjadi Anggota Parlemen untuk konstituen Siparia. Dia menjabat Jaksa Agung pada tahun 1995 sampai Ramesh Maharaj menyelesaikan kasus yang sedang berlangsung pada tahun 2001 hingga meninggalkan partai. Ketika Serikat Kongres Nasional (United National Congress) membentuk pemerintahan pada tanggal 22 Desember 2000, ia dilantik sebagai Menteri Pendidikan.

Pada tanggal 25 April 2006, ia mendapat dukungan dari mayoritas anggota parlemen oposisi untuk jabatan Pemimpin Oposisi. Posisi Pemimpin Oposisi dinyatakan kosong oleh Presiden George Maxwell Richards setelah Basdeo Panday dinyatakan gagal meraih dukungan yang akurat kepada Komisi Integritas mengenai rekening bank yang diadakan di London. Bandingnya tertunda. Persad-Bissessar kemudian diangkat menjadi Pemimpin Oposisi pada tanggal 26 April 2006.

Pada tanggal 24 Januari 2010, Kamla Persad-Bissessar terpilih menjadi Pemimpin Politik Serikat Kongres Nasional dan muncul sebagai pemenang atas pendiri partai, Basdeo Panday. Dia resmi ditunjuk menjadi Pemimpin Oposisi pada 25 Februari 2010, setelah mendapatkan dukungan dari mayoritas anggota parlemen UNC.

Persad-Bissessar menikah dengan Dr Gregory Bissessar dan memiliki satu anak. Pada bulan Agustus 2011, petugas pemerintahan menyatakan bahwa Persad-Bissessar terserang demam berdarah dan dalam pelaksanaan tugas-tugas negara berada di bawah pengawasan medis. (Wik/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: