RSS

Presiden Kepulauan Marshall

Puncak Karier Politik Christopher Loeak

Dengan 21:11 suara anggota Nitijela (Legislatif Kepulauan Marshall), Christopher Loeak terpilih menjadi Presiden Kepulauan Marshall. Pemilihan Presiden tanggal 3 Januari 2012 dapat dilangsungkan setelah pemilihan umum sukses dilakukan pada 21 November 2011. Pemilihan Umum Kepulauan Marshall dilaksanakan untuk empat tahun sekali dengan alokasi kursi multi konstituen. Pemilu yang dilakukan pada 17 November 2003 dinilai kurang dukungan, meskipun beberapa anggota terpilih dari Partai Demokrat Bersatu (United Democratic Party). Partai-partai politik lainnya tidak aktif mendukung.

Pemilihan umum tangal 21 November 2011 memilih 33 anggota Nitijela. Diperkirakan sekitar 36.000 pemilih turut berpartisipasi dalam pemilu tersebut. Hasil akhir belum diketahui hingga 5 Desember 2011, karena lamanya surat suara yang masuk dari luar negeri. Hasil tidak resmi sebelumnya menunjukkan bahwa presiden incumbent kemungkinan memiliki mayoritas satu suara yang sama di parlemen sebelum pemilihan. Menteri Kesehatan Amenta Matius dan mantan menteri luar negeri Gerald Zackios kehilangan kursi di Nitijela dalam pemilu tersebut. Penghitungan suara untuk menentukan kursi di Ujae Atoll diketahui rusak setelah dilakukan penghitungan ulang.

Dua calon presiden, yaitu incumbent Presiden Jurelang Zedkaia dan anggota menteri pemerintah Christopher Loeak. Christopher Loeak kemudian terpilih menjadi presiden. Jurelang Zedkaia (Presiden Kepulauan Marshall periode 2 November 2009–10 Januari 2012) menyepakati bergabung dengan pemerintahan baru.

Christopher Loeak lahir di Ailinglaplap Atoll (Kepulauan Marshall) pada 11 November 1952. Dia belajar di Sekolah Tinggi Kepulauan Marshall sebelum ke Amerika Serikat untuk belajar di Hawaii Pacific College dan Gonzaga University School of Law. Loeak fasih berbicara dalam bahasa asli Marshall dan mampu berbicara dalam bahasa Inggris. Ia menikah dengan Anono Lieom Loeak dan memiliki 3 anak serta 8 cucu.

Loeak pertama kali terpilih di Nitijela pada tahun 1985 untuk mewakili Ailinglaplap Atoll. Selama periode 1988-1992, dia menjabat Menteri Kehakiman di kabinet Amata Kabua (17 November 1928–20 Desember 1996, Presiden Kepulauan Marshall periode 1979–1996). Pada tahun 1992, dia menjabat Menteri Sosial dan jabatan itu dipertahankannya sampai tahun 1996 ketika Kunio Lemari (29 November 1942–28 Maret 2008, Presiden Kepulauan Marshall periode 20 Desember 1996–14 Januari 1997) menjadi presiden sementara setelah Kabua meninggal ketika dia menjabat Menteri Pendidikan. Ia memegang portofolio pendidikan selama dua tahun dan melanjutkan karier di kabinet di bawah pimpinan Imata Kabua (Presiden Kepulauan Marshall periode 14 Januari 1997–10 Januari 2000). Kabua menunjuknya sebagai Menteri Rantai Ralik Kepulauan pada tahun 1998. Ia mempertahankan jabatan itu selama satu tahun dan melakukan portofolio tambahan sebagai Menteri dalam bantuan kepada Presiden pada tahun 1999.

Selama periode di Nitijela, Loeak aktif di banyak komite termasuk untuk Peradilan dan Hubungan Pemerintah; Rekening Masyarakat, Kesehatan dan Pendidikan serta Pelayanan Sosial (yang dipimpinnya); Luar Negeri dan Perdagangan; Alokasi, Sumber Daya dan Pengembangan; Internasional Perlindungan, Perdamaian, Keamanan dan Perlindungan Lingkungan Hidup. Dia juga anggota Konvensi Konstitusi Kedua dan Ketiga, melayani sebagai wakil-presiden yang terakhir, dan memimpin Komite Hak Bill. Loeak adalah bagian dari tim yang menegosiasikan perpanjangan sewa Amerika Serikat bagian Marshall dari Ronald Reagan Ballistic Missile Defense Test Site setelah mengalami suatu kebuntuan delapan tahun pembicaraan. Pemerintah Kepulauan Marshall sepakat menerima pembayaran sebesar $ 32 juta dalam upaya kembali memperpanjang sewa di situs.

Loeak terpilih kembali ke Nitijela pada tahun 2007. Ia telah mempertahankan kursi Ailinglaplap sejak saat itu. Dia kembali memasuki kabinet pada tahun 2008 sebagai Menteri dalam Bantuan kepada Presiden Litokwa Tomeing. Pada tahun 2012, ia kemudian mencapai karier politik puncak sebagai Presiden Kepulauan Marshall. (wkd/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: