RSS

Presiden Swiss 2012

Eveline Widmer-Schlumpf

Eveline Widmer-Schlumpf, Presiden Swiss 2012. Sumber Foto wikipedia.org

Anggota Dewan Terlama Terpilih Jadi Presiden Swiss 2012

Karena banyaknya jumlah anggota di Dewan Federal dalam beberapa tahun terakhir, Eveline Widmer-Schlumpf tercatat sebagai anggota dewan terlama yang baru menjabat Presiden Konfederasi Swiss pada tahun 2012. Secara terus-menerus, jabatan tersebut otomatis berpindah dari presiden yang sedang menjabat ke wakil presiden. Widmer-Schlumpf yang menjabat wakil presiden pada tahun 2011 mendampingi Micheline Calmy-Rey sebagai presiden secara otomatis menduduki jabatan presiden tahun berikutnya. Dia terpilih sebagai Presiden Konfederasi Swiss untuk tahun 2012 pada tanggal 14 Desember 2011. Jabatan Wakil Presiden Konfederasi Swiss tahun 2012 beralih ke Ueli Maurer.

Eveline Widmer-Schlumpf lahir di Felsberg (Swiss) pada tanggal 16 Maret 1956. Pada tahun 1981, dia meraih gelar sarjana di bidang hukum Universitas Zurich dan meraih gelar LLD pada tahun 1990. Selama periode 1987-1998, ia bekerja sebagai pengacara. Pada 1985, dia terpilih ke pengadilan distrik Trin dan memimpin lembaga itu selama periode 1991-1997. Sebagai anggota Partai Rakyat Swiss, dia terpilih sebagai anggota legislatif kantonal Grisons selama 1994-1998. Pada 1998, dia terpilih di pemerintahan kantonal sebagai wanita pertama yang menjabat presiden sementara pada tahun 2001 dan 2005.

Widmer-Schlumpf ditunjuk sebagai kandidat alternatif untuk menggantikan Christoph Blocher oleh Kristen Demokrat, Sosial Demokrat, dan fraksi Hijau dalam pemilu Dewan Federal tanggal 12 Desember 2007. Pada babak pertama, dia mendapatkan 116 suara, sementara Blocher meraih 111 suara. Pada babak kedua, ia terpilih di dewan federal dengan 125 suara, sedang Blocher mendapatkan 115 suara. Sebanyak 6 suara dinyatakan kosong atau tidak sah. Ia resmi terpilih pada tanggal 13 Desember 2007 dan diasumsikan sebagai portofolio Blocher tua di Kementerian Kehakiman dan Kepolisian Federal. Perombakan portofolio setelah pemilihan dua anggota dewan baru pada tahun 2010, Widmer-Schlumpf terpilih untuk menggantikan Hans-Rudolf Merz sebagai kepala Departemen Keuangan Federal.

Setelah pemilihannya, Widmer-Schlumpf ditentang oleh kepemimpinan nasional dari Partai Rakyat Swiss yang mengecamnya sebagai pengkhianat kepada dirinya untuk menerima suatu pemilihan yang dia menangkan tanpa dukungan partai. Segera setelah pemilihan, dia dikeluarkan dari pertemuaan kelompok, seperti koleganya Samuel Schmid. Dalam perkembangan lain belum pernah terjadi sebelumnya dalam politik Swiss, pada tanggal 2 April 2008, pimpinan partai nasional memanggil Widmer-Schlumpf untuk mengundurkan diri dari Dewan Federal sekaligus dan meninggalkan partai. Widmer-Schlumpf menolak melakukannya. Pada 1 Juni, Partai Rakyat Swiss mengusir seluruh bagian perusahaan Grisons karena telah menolak mengusir Widmer-Schlumpf. Sejak partai politik Swiss secara hukum federasi partai kanton (wilayah), partai nasional tidak dapat mengusir Widmer-Schlumpf secara langsung. Sebagai tanggapan, bagian SVP mantan Grisons membentuk Partai Demokrat Konservatif. SVP bagian Bern, dimana Schmid sebagai anggota, juga bergabung dengan partai baru.

Sebelum menjabat presiden Swiss, Widmer-Schlumpf menjabat wakil presiden selama periode 1 Januari 2011-31 Desember 2011 ketika mendampingi Micheline Calmy-Rey sebagai presiden konfederasi tahun 2011. Selama periode 1 Januari 2008-31 Oktober 2010, ia menjabat Menteri Kehakiman dan Kepolisian. Sejak 1 November 2010, dia menjabat Menteri Departmen Keuangan Federal ketika menggantikan Hans-Rudolf Merz. Widmer-Schlumpf menikah dan memiliki tiga anak. Dia adalah putri mantan anggota dewan federal, Leon Schlumpf. Dia adalah anggota dewan federal kedua yang ayahnya juga menjabat pada posisi yang sama, setelah Eugène Ruffy. Ia adalah wanita keenam yang terpilih menjadi anggota Dewan Federal Swiss dan wanita ke-3 yang menjabat Presiden Swiss. (wkd/Epaphroditus Ph. M.)

 

3 responses to “Presiden Swiss 2012

  1. Pdt. Rolly Rorong, S.Th

    19 Maret 2012 at 05:42

    Memang wanita diciptakan sebagai penolong berarti wanita berada pada posisi yang kuat dari pria.Namun wanita juga dikatakan makluk yang lemah.Tapi wanita melengkapi dan menghiasi dunia supaya dunia tetap cantik.Dan kalau wanita menjadi pemimpin dengan mengalakan laki-laki itu berarti hanyalah kepercayaan Tuhan.Daniel 2:21.Tuhan memecat raja dan Tuhan mengangkat raja amin.

     
    • epmnewsintl

      23 Maret 2012 at 11:01

      Bagaimana dengan bursa calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta?

       
      • Pdt. Rolly Rorong, S.Th

        24 Maret 2012 at 01:15

        Tuhan tidak melihat popularitas mereka,tapi hati seorang calon yang tidak ambisi tapi punya visi keselamatan,sebab mereka akan menjadi wakil Tuhan di jakarta.(Roma 13) Tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Allah dan pemerintah-pemerintah yang ada,ditetapkan oleh Allah.

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: