RSS

Ratu Kecantikan Ekuador 2011

Dua Ratu Kecantikan Ekuador Raih Gelar di Tahun 2011

Claudia Schiess (22) dari Kepulauan Galápagos (Galápagos Islands) dan Olga Álava (23 tahun) dari Guayas (Ekuador) yang masing-masing sebelumnya meraih gelar Miss Ekuador 2011 dan Miss Earth Ekuador 2011 memenangi kontes kecantikan pada event yang berbeda. Claudia Schiess berhasil meraih gelar Miss Continente Americano 2011, sedang Olga Álava mendapatkan gelar Miss Earth 2011.

Claudia Schiess Fretz

Miss Claudia Schiess
Lengkapnya Claudia Elena Schiess Fretz. Claudia Schiess lahir pada 26 November 1989. Ia lahir dari ayahnya yang keturunan Ekuador dan ibunya keturunan Swiss. Schiess sedang mengejar gelar sarjana di bidang teknik bisnis di Universidad Del Pacifico. Ia mampu berbicara dalam bahasa Spanyol, Inggris, Jerman, dan Jerman Swiss. Schiess juga seorang perias wajah (make-up artis) profesional. Dia dapat menari, bermain musik, memainkan teater, dan belajar tari modern selama enam tahun di Galápagos.

Sebelum partisipasinya dalam Miss Ekuador 2011, Schiess ditunjuk oleh Organisasi Miss Ekuador untuk mewakili negaranya pada ajang Miss Supranational 2010 yang diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus 2010 di Plock, Polandia. Schiess yang memiliki tinggi 1,72 m (5 ft 7,5 in) ini kemudian mewakili Galapagos sebagai seorang dari 19 finalis pada kontes kecantikan nasional negaranya yang bertajuk Miss Ekuador 2011 dan disiarkan secara langsung pada 17 Maret 2011 dari Santo Domingo. Pada ajang tersebut, dia memperoleh penghargaan sebagai Best Figure, Best Face and Best Hair (Tampilan Tokoh, Wajah, dan Rambut Terbaik). Pada puncak penghargaan, dia muncul sebagai pemenang dan berhak mewakili Ekuador pada Miss Universe 2011.

Sebagai wakil resmi dari negaranya ke kontes ke-60 Miss Universe 2011 yang disiarkan secara dari Credicard Hall (São Paulo, Brasil) pada tanggal 12 September 2011, Schiess bersaing dengan 89 peserta dari berbagai negara untuk merebut mahkota yang sebelumnya dipegang oleh Jimena “Ximena” Navarrete Rosete (dikenal Ximena Navarrete) asal Meksiko. Gelar Miss Universe 2011 akhirnya diraih Leila Luliana da Costa Vieira Lopes (dikenal Leila Lopes) dari Angola.

Kemudian, dia mewakili Ekuador dalam ajang kecantikan ke-6 Miss Continente Americano 2011. Puncak acara disiarkan secara langsung dari Guayaquil (Ekuador) pada tanggal 22 Oktober 2011. Akhirnya, Schiess memenangkan gelar Miss Continente tersebut dan mahkota disematkan oleh Miss Continente Americano 2010, Giuliana Zevallos Roncagliolo (dikenal Giuliana Zevallos) asal Peru.

Olga Álava

Olga Álava

Miss Olga Álava
Olga Mercedes Álava Vargas atau dikenal Olga Álava lahir di Guayaquil (Ekuador) pada tanggal 14 Februari 1988. Dia meraih gelar BA di bidang Bisnis Internasional dan menguasai bahasa Spanyol, Inggris, dan Mandarin. Dia belajar bahasa Mandarin dan terpesona dengan budaya Timur sejak sering bepergian ke China untuk membantu bisnis keluarga orangtuanya dan pernah tinggal di China selama satu tahun. Sebelumnya, perempuan yang memiliki warna rambut hitam dan warna mata hazel serta tinggi 1,73 m (5 ft 8 in) ini mewakili Guayas dalam ajang kecantikan Miss Ekuador ke-56 tahun 2011 yang diselenggarakan pada tanggal 17 Maret 2011. Akhirnya, dia meraih juara Runner-up 3 dan gelar Miss Earth Ecuador 2011. Juara pada kontes Miss Ekuador 2011 adalah Claudia Schiess dari Galápagos Islands.

Ia mewakili negaranya pada kontes Reina Hispanoamericana 2011 Reina karena Claudia Schiess bersaing di ajang Miss Continente Americano 2011. Pada September 2011, direktur Diosas Escuela de Misses (Diosas School for Beauty Queens atau Sekolah Ratu Kecantikan Diosas), Jose Hidalgo memilihnya sebagai pemenang kontes kecantikan Miss Earth 2011 dan berhak menggantikan Miss Earth 2010 yang dipegang Nicole Estelle Faria (dikenal Nicole Faria) dari India. Raihan tersebut menjadikannya sebagai wanita pertama Ekuador yang berhasil memenangkan gelar Miss Earth sejak diselenggarakan pertama kali di Denmark pada tanggal 28 Oktober 2001.

Pada puncak penyelenggaraan ke-11 Miss Earth 2011 di Universitas Teater Filipina (University of the Philippines Theater) di Diliman (Kota Quezon, Filipina) tanggal 3 Desember 2011 disiarkan secara langsung Channel V pada 8:00 malam waktu setempat, sementara Star World menyiarkannya pada Minggu, 4 Desember di 18:00, ABS-CBN dan Studio 23 menyiarkan pada hari yang sama pada pukul 10.30 waktu setempat. Siaran tunda di Filipina Channel (TFC: The Filipino Channel) dan pada stasiun televisi negara-negara peserta lainnya. Acara tersebut ditampilkan pada TFC sehari kemudian.

Semula, kontes dijadwalkan diselenggarakan di Impact, Muang Thong Thani (Bangkok, Thailand). Penyelenggara kontes kemudian memutuskan memindahkan acara ke Filipina kembali karena banjir besar yang melanda Thailand bertepatan dengan penyelenggaraan puncak acara. Kontes Miss Earth 2011 mengangkat tema “The Earth is Crying. Let the Earth Smile Again!” (Bumi Menangis, Biarkan Bumi Tersenyum Lagi).

Álava mempresentasikan sebuah proyek lingkungan untuk melindungi bakau di Ekuador dan juga menjadi juru bicara untuk perlindungan cagar alam Yasuní. Menanggapi pertanyaan juri yang terakhir, dia memberikan jawab bahwa “pendidikan adalah solusi terbaik bagi lingkungan karena anak-anak merupakan orang-orang yang melestarikan bumi untuk generasi mendatang.” Dia akan menjalankakan tugas selama satu tahun (12 bulan) penuh, setelah memenangkan kontes yang diikuti oleh 84 negara dan berhasil menyingkirkan pesaing dari Amerika Latin yang menghantarkan meraih tiga dari empat besar. Pencapaian model Ekuador kali ini merupakan peningkatan dari penempatan Ekuador pada tahun 2010 ketika Jennifer Pazmiño berada di urutan kedua pada Miss Earth 2010 yang diselenggarakan di Vietnam. Ia menjadi juru bicara untuk Miss Earth Foundation dan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNEP: United Nations Environment Programme). (wkd/Epaphroditus Ph. M.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: