RSS

Thomson vs Ecclestone

Ketika Sang Anggota Parlemen Menyorot Putri Seorang Miliarder

Kelvin Thomson adalah orang bodoh dan seharusnya dipecat dari Partai Buruh Australia (ALP: Australian Labor Party). Kata-kata pedas tersebut meluncur dari bibir Bernard Charles “Bernie” Ecclestone (dikenal Bernie Ecclestone) dalam sebuah wawancara oleh stasiun radio 3AW di Melbourne (Australia) dan menjadi berita di harian BERITA KOTA edisi 17 Maret 2012. Ketika itu, Thomson yang menjadi Anggota Parlemen Australia sejak 2 Maret 1996 dari Partai Buruh Australia menyebut putri Bernie Ecclestone, Tamara dengan istilah billionaire bogan, istilah slang Australia. “Apa artinya bogan? Apa sama artinya dengan trashy (tidak bermutu)? Apa orang ini biasa berbicara dalam bahasa Inggris?” kata pebisnis dan pemilik perusahaan induk Formula Satu dengan kekayaan sekitar US$ 4,2 miliar pada tahun 2011 itu.

Bernie mengatakan, seharusnya istilah itu ditujukan kepada dirinya (Thomson). “Memangnya, dia itu siapa? Seharusnya, dia dipecat karena bodoh dan tidak tahu apa yang dibicarakannya. Australia, kan bukan negara komunis,” kata Bernie. “Tamara melakukan kerja amal jauh lebih banyak dari tuan antah berantah (Thomson) itu. Tamara juga menyumbang uang untuk amal jauh lebih banyak. Uang milik anak-anak saya bukan didapat dari mencuri, uang saya juga bukan hasil mencuri. Mereka berhak menghabiskannya kapan dan untuk apa saja,” tandas Bernie lagi.

Thomson mempersoalkan penggunaan dana 52,6 juta dolar AS untuk membiayai Grand Prix Australia dan itu akan lebih memperkaya keluarga Ecclestone. Thomson juga menyinggung acara televisi Gadis Miliaran Dollar yang berisi daya hidup mewah Tamara. Acara tersebut memperlihatkan kekayaan Tamara yang meliputi rumah mewah dengan elevator untuk mobil Ferrari, rak untuk 200 pasang sepatu, lintasan boling, dan bak mandi kristal senilai 1,5 juta dolar AS. Thomson menolak mencabut pernyataannya dan tidak meminta maaf. “Dia (Tamara) bukan Greta Garbo yang bisa bilang ‘jangan campuri urusan saya,” kata Thomson.

Kelvin Thomson

Kelvin Thomson.
Sumber Foto : climateactionmoreland.org

Kelvin Thomson
Nama lengkapnya, Kelvin John Thomson. Ia lahir di Coburg (Victoria, Australia) pada tanggal 1 Mei 1955. Semenjak muda, Thomson telah aktif menjadi aktivis lokal lingkungan Pascoe Vale dan Melbourne bagian barat-utara. Ia mendapatkan gelar Bachelor of Arts dan Sarjana Hukum dari Universitas Melbourne serta menjadi lulusan pertama di kelasnya yang dianugerahi Hadiah bidang Hukum dari Mahkamah Agung Australia.

Dia bergabung dengan Partai Buruh Australia pada tahun 1975 dan menjadi sekretaris untuk Gareth Evans (Menteri Luar Negeri Australia periode 2 September 1988–11 Maret 1996 dan Senator asal Victoria periode 1 Juli 1978–6 Februari 1996 serta Anggota Parlemen Australia dari Holt pada periode 2 Maret 1996–30 September 1999) sebelum memasuki politik lokal untuk menjadi anggota dewan di Dewan Kota Coburg selama periode 1981-1988. Pada periode 1983–1984 dan 1987–1988, dia menjabat wakil walikota Kota Coburg. Thomson menikah dengan Marsha Thomson (Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Victoria dari Footscray sejak 25 November 2006) hingga perpisahan mereka dipisahkan pada tahun 2003. Mereka memiliki dua anak.

Pada bulan Oktober 1988, Thomson terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Victoria dari Pemilihan Distrik Pascoe Vale. Selama periode 1992-1994, dia menjadi anggota di Departemen Oposisi Bayangan (Opposition Shadow Ministry) dan menjabat Manajer Bisnis Oposisi (Manager of Opposition Business) pada tahun 1994.

Pada tahun 1996, Thomson mendapat kursi terpilih dari Wills. Pada bulan Agustus 1997, ia bergabung dengan Departemen Oposisi Bayangan. Selama periode 2003-2004, dia menjabat Menteri Bayangan untuk Lingkungan dan Warisan Sejarah (Shadow Minister for the Environment and Heritage). Pada periode 2004-2005, ia menjabat Menteri Bayangan Pembangunan Daerah dan Jalan, Perumahan dan Pembangunan Perkotaan (Shadow Minister for Regional Development and Roads, Housing and Urban Development). Pada bulan Juni 2005, dia ditunjuk Menteri Bayangan untuk Akuntabilitas Publik (Shadow Minister for Public Accountability) dan Menteri Bayangan untuk Layanan Kemanusiaan (Shadow Minister for Human Services). Setelah Kevin Rudd (Perdana Menteri Australia ke-26 periode 3 Desember 2007–24 Juni 2010) untuk kepemimpinan partai pada Desember 2006, Thomson diangkat ke posisi Jaksa Agung Bayangan (Shadow Attorney-General).

Dia telah menjadi advokat untuk tingkat kependudukan yang berkelanjutan di Australia dan telah mengajukan 14 Poin Rencana untuk Reformasi Penduduk. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan populasi Australia terhadap 26 juta penduduk dengan mengurangi imigrasi terampil dan memotong program migrasi bersih di luar negeri sebesar 70.000 per tahun. Rencana tersebut juga turut “menghapuskan Bonus Bayi”, tetapi meningkatkan program pengungsi dari 13.750 menjadi 20.000 per tahun.

Thomson mengundurkan diri Partai Buruh. Dalam suratnya, dia menulis bahwa tidak mengetahui tentang sosok Antonios Sajih ‘Tony’ Mokbel  (dikenal Tony Mokbel). The Sydney Morning Herald menulis bahwa Kevin Rudd mendapat tekanan atas “tuduhan di sekitar pertemuan dan membuat malu Brian Burke (Perdana Menteri Australia Barat ke-23 periode 25 Februari 1983–25 Februari 1988) serta menyerukan agar Thomson “mengundurkan diri”. Thomson menggambarkan dirinya sebagai aktivis lingkungan yang tajam dan naturalis. Pada tahun 2011 dan 2012, dia sukses memimpin oposisi di Parlemen Federal Australia untuk ekspor ternak hidup dan domba untuk daging. Sejumlah komentar-komentarnya menuai kontroversi di negaranya.

Tamara Ecclestone

Tamara Ecclestone
Sumber Foto: greenobles.com

Tamara Ecclestone
Ia lahir di Milan (Italia) pada tanggal 28 Juni 1984. Kedua orangtuanya adalah keturunan Inggris dan Krosia. Ayahnya bernama Bernie Ecclestone. Sedang, Slavica Ecclestone (ibunya) yang merupakan seorang model menjalani kehidupan rumah tangga selama periode 1985-2009. Tamara adalah putri sulung atau putri tengah (kedua) dari Bernie. Kakaknya, Deborah Ecclestone (lahir pada tahun 1955) dan adiknya, Petra Ecclestone (lahir tahun 1988).

Tamara belajar di Francis Holland School di London. Kemudian dia mengambil program pendidikan di London School of Economics dan University College London meskipun tidak sampai tuntas. Pada pertengahan tahun 2009 hingga awal tahun 2010, dia bertunangan dengan pria keturunan Swiss, Andreas RK Warnsing. Kemudian, sejak 2010, dia berkencan dengan Omar Khyami.

Tamara tampil sebagai pembawa acara Sky Sports Italia di musim Formula 1 tahun 2009. Dia tampil dengan berbagai gaya hidup dan produksi yang glamour dalam debut televisinya pada tahun 2006 dengan menghadirkan Red Bull Air Race World Championship di Channel 4. Pada tahun 2011, ia membintangi reality televisi-nya dengan judul Billion $$$ Gils (Gadis Miliaran Dollar) di Channel 5. Tamara tampil dalam penggalangan dana untuk Rumah Sakit Great Ormond Street sejumlah kegiatan lain yang bermanfaat untuk anak yang menderita sakit. Dia juga berpose di sebuah iklan anti-bulu untuk PETA (People for the Ethical Treatment of Animals). (wkd/Epaphroditus Ph. M)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: